Friday, November 30, 2018

Kisah anak kost (4) TAK ADA TART ULTAH, PUDING PUN JADI

Puding buah Tampil menggantikan Tart Ultah, Tulisannya bikin dari jeli berwarna. Sehat, murah, praktis hehee ...


Sesuatu banget deh, bikin nasi kuning di negri yang "cari selembar daun salam udah kaya cari sebutir mutiara" saking susaaah, wkkk. Tapi akhirnya berhasil juga sih, yang penting warnanya kuning kan,  bwa hahaa ... !

Nah yang bingung, gimana bikin kue tart ulang tahun. Ngga ada mixer, loyang, boro2 oven. Lihat-lihat di toko, nemunya jeli dan buah. Ya udah bikin puding buah aja deh ...

Puding buah buat ultah ala aku sih gini bikinnya :

1. Masak jeli yang ada warnanya. Tuang tipis saja sekitar 1 cm di piring. Setelah membeku, Potong berbentuk huruf-huruf yang kita perlukan. Beruntung banget kalau punya cetakan jeli yang sudah berbentuk alfabet. Oh yaa, kalau ada sisa jeli, bisa dituang ke cetakan lain, untuk dinikmati lain kali.

2. Siapkan buah-buahan berwarna-warni, misalnya potongan buah kiwi, potongan pepaya, anggur dan strawberi.

3. Masak juga agar-agar warna putih, sehingga ketika matang menjadi bening seperti kaca. tuangkan sebagai dasar di loyang lebar

4. Ketika agar-agar bening ini setengah beku, susun buah-buahan si sekeliling loyang, lalu tuangkan lagi agar bening diatasnya. hasilnya tentu saja buah-buah ini dapat efek melayang.  Tunggu lagi lapisan ini setengah beku.

5. Ambil beberapa sendok agar bening, campur dengan santan instant, untuk mendapat warna putih. Tempatkan agar-agar putih ini hanya di bagian tengah loyang. Tipis-tipis saja sekedar alas untuk menyusun tulisan, tunggu agak beku.

6. Susun huruf-huruf dari jeli berwarna yang kita buat pertama kali, sehingga membentuk ucapan selamat ulang tahun.

7. Sekeliling ucapan, boleh dihias lagi dengan buah-buahan membentuk bingkai

8. Tuangkan lagi agar-agar bening diatasnya. tunggu mengeras. Jadi deh ... hehehe


Pengalamanku hari ini, bikin tulisan dari jeli rasa anggur. Eeeeh puceeeet banget warna dia, gubrak !! tapi apa daya disini aku ngga punya pewarna apapun. maklum anak kost !
Sampai akhirnya diakalin itu tulisan pake alas putih dari agar-agar plus santan. Warna tetap pucat sebab jeli buah kan transparan, cumaaa lumayan muncul deh tulisannya. 

Saran aku buat teman-teman kalau bikin huruf pakai jeli coklat saja, biar dapat warna lebih solid. Atau bisa juga bikin hurufnya dari buah-buahan yang agak lebar misalnya pepaya atau melon dan semangka. Selamat berkreasi ... !!

Teman-teman ... mampir juga ya di TIPS & TRICK Anak Kost, dengan klik judul dibawah ini :

Kisah Anak Kost (1) Meski Malu Harus Kuakui Aku Rindu

Kisah Anak Kost (2) Biarlah Jendela menjadi Kanvas Puisi Cintaku

Kisah Anak kost (3) manfaat lain kalung ID Card


No comments:

Post a Comment