Wednesday, November 14, 2018

One Way Ticket to Brunai (Bagian 6)


Do & Dont, Di Dalam Pesawat


Tiba di depan Gate 2 pada pukul 05.20, seperempat jam sebelum waktu boarding. Kusempatkan menyapa keluarga, dan team kerja melaui grup WA. Kusampaikan nomor pesawat dan waktu flight pesawat.

Maklum seminggu yang lalu pesawat Lion Air JT610 kecelakaan dan merenggut lebih dari 100 nyawa. Dan kulihat keluarga korban, terkadang tidak tahu nomor pesawat yg membawa keluarganya. Sebab korban justru share foto selfie di bandara dan di dalam pesawat, yang secara umum kurang informatif jika situasi memburuk.

Aku sendiri selalu share di Grup WA keluarga, foto tiket yg memuat data: nomer pesawat, bandara tujuan, nomor kursiku sebagai penumpang, jam boarding, jam flight dll.

Selanjutnya aku boarding - masuk pesawat, dan penerbangan segera dimulai. Kupastikan kedua HP-ku mati, agar tidak mengganggu sistem navigasi pesawat. Kulihat beberapa orang masih asik chating dan selfi, termasuk dua bule yg duduk di depanku. Ampuuun … hari gini, ga ngerti-ngerti deh, bahwa itu mengancam keselamatan se-isi pesawat. Pramugara mengamankan situasi, termasuk yg menutup kupingnya pake earphone, diingatkan bahwa hal itu membuatnya tidak mendengar instruksi dari awak pesawat, jika ada keadaan darurat. Pramugara bicara dengan nada lebih menekan, syukurlah akhirnya pada nurut.

Take off selesai sudah ... kunikmati pagi yg cerah, dengan lukisan awan yang indah, Subhanallah !!

Sarapan sudah kupesan saat pesan tiket online, jadi harga lebih murah dibanding dadak pesan diatas. Kudengar pramugara menawarkan sarapan pada negro di depanku, dengan harga 57K (Hehe makanan yg sama aku dapat di harga 30K ). Saat negro ini komen bahwa itu terlalu mahal, Pramugara berkilah Sebab Tuan akan segera menikmati sarapan ini, diatas ketinggian 35.000 kaki diatas permukaan air laut.” Negro ini tertawa dan akhirnya memesan juga. Heheee ...

Selalu ada teman duduk yang asik di setiap penerbangan. Kali ini disampingku duduk seorang Bunda yg smart. Dua jam ngobrol ga terasa. Dia berbagi info dan tips untuk dapat beasiswa, yg sudah n sedang diraih anaknya untuk study Australia, S2 di MelBourne dan S3 di Canberra. 

Aaaah Trims Bundaaa …

Teman-teman baca terus petualanganku ke Malaysia dan Brunai dengan klik judul di bawah ini :

One way Ticket to Brunai (Bagian 5)

Berkisah tentang tips untuk menghemat waktu saat Check In, tips untuk menghemat lembaran paspor, dan tips untuk memastikan posisi pesawat.

One Way Ticket to Brunai (Bagian 7) 
Berkisah tentang fasilitas-fasilitas di Bandara KLIA2 dan bagaimana cara mencapai gate selanjutnya.

One Way Ticket to Brunai (Bagian 1) 

Buat teman2 yang belum baca awal kisah ini.



2 comments:

  1. Haaai ... makasih udah ninggalin komen disini. Boleh tau dong, kamu saat ini sekolah/kuliah di jurusan apa dan kuliahnya di luar negri pingin jurusan apa ?

    ReplyDelete