Thursday, November 8, 2018

AMBUYAT, KULINER KHAS BRUNAI



Pingin Makanan Khas Brunai, Datang ke Pasar GADONG di Bandar Seri Begawan. 



🥣Kali ini menu yang kupilih AMBUYAT. Aku diminta bersabar nunggu 30 menit, oke ajaa saking penasaran. Eh belum 10 menit, udah muncul satu mangkuk BUBUR SAGU, yg masih panas. Ditemani RUJAK BINJAY, aseeem banget, wujudnya kaya mangga, tapi rasanya kaya belimbing wuluh. 

Hadir juga potongan TIMUN dan SAMBAL TERASI. Wakakaa ... sempet bengong tuh.


🥣 Aku dikasih juga piring kecil, garpu, sendok dan STIK BAMBU bercabang. Heeeem kebayang dong, bubur sagu kan yang kaya Lem. waktu aku kecil suka kupakai nempel kertas layangan. nah sekarang aku harus makan lem panas ini pakai stik. Iiiih susah banget jatuh mulu.



Jadi, acara selanjutnya adalah latihan ngambil bubur sagu. pake stik, terus di celupin ke rujak super asem itu.




🥣Tiba tiba, datang hidangan pelengkap menu ambuyat, yaitu satu mangkuk SUP IKAN, disusul satu mangkuk penuh TOGE BERKUAH sedap. Dua2nya masih panas. Buat aku pribadi, ini menu terasa belum nyambung satu sama lain.



🥣Di menit ke-30, datanglah semangkuk daging SAPI BERKUAH MERAH, seperti gulai, masih panas. Lalu pelayannya bilang :

“ Menu ambuyat sudah lengkap terhidang.” OMG ... rupanya satu set menu Ambuyat adalah sebanyak ini, 😀wkkk gimana ngabisinnya ya ... ?
“ Ambuyat bisa dinikmati oleh 3 atau 4 orang.” Hahahaa 🤣🤣pantesan atuuh… tau gitu tadi ngajak tetangga satu RT mbaa ...


🥣Terus diajarin cara makannya, sama si Mba-nya, sampe disuapin segalaaa. Katanya ngga boleh dikunyah, langsung telan aja. Hmmm sensasinya unik.



🥣Sekarang acara icip-icip. Dan pada akhirnya cuma berhasil makan sama gulai sapi dan rujak binjai. Yang lain boleh dibungkus dan bawa pulang katanya. Yeeeaay … Si Mba-nya pengertian juga wkkk

Baca juga yaa, pengalamanku berpetualang di Brunai dengan klik judul2 dibawah ini : 


Mau Belanja Ada Buayaini tentang pengalaman unik aku belanja di Brunai.

Aay Luwf Yuuw , ini tentang huruf-huruf di Brunai.

Awas Kenderaan Berpusing Di hadapan , ini tentang rambu2 lalu lintas di Brunai.


Buat teman2 terutama yang hobby kuliner, tolong Tinggalkan komentar buat aku, disini yaaa ... Makasih


No comments:

Post a Comment