Wednesday, September 30, 2020

The History Is The Srory Of The Winner

 Tugas 9 IW-GT

Oleh : Puji Hasti


✳️ The History Is The Story Of The Winner ✳️
🍁 Siang itu aku kirim semacam quisioner, via WA jalur pribadi, ke beberapa sahabat. Pertanyaannya sih simple :

“ Apa thema yang sering diangkat oleh seorang Puji Hasti saat ngobrol, dan thema itu jarang dijadikan bahan obrolan oleh teman-teman yang lain ?”
🍁 Jawabannya hampir kompak semuanya :
“ SEJARAAAAH … “ Wakakaaaaak 🤣 🤣
🍁 Alamaaaak … !! Mereka tuh bikin jawaban, dalam keadaan ngga tau, bahwa dari quisioner itu, aku harus menyimpulkan dan harus memutuskan, jenis cerita apa yang akan aku jadikan thema khas dalam buku aku selanjutnya.


🍁 Lha kalau menurut data quisioner ‘SEJARAH’ trus gimana ?
Kudu nulis sejarah ? Novel sejarah? Ooowh Nooo … Aku rada trauma! 😁 😆
🍁 Iyaa, aku pernah digugat oleh seseorang terdekat. Dia mengecam, katanya :
“ The history is the story of the winner – sejarah adalah ceritanya orang-orang yang menang ! “
🍁 Mungkin itu benar buat dia dan anak-anak di bangku sekolahan. Tapi tidak buatku dan buat banyak orang di berbagai komunitas pecinta sejarah.
🍁 Kami harus ‘berkeringat’ untuk mempelajari sejarah dari versi orang-orang yang ditindas, diburu, dan di-HILANG-kan. Selain mempelajari tokoh penyandang nama besar yang duduk di singgasana.
🍁 Ayolah teman, kita belajar lagi, sebab ...
Jika kita belajar, kita semakin TAHU DIRI bahwa kita masih bodoh.
Jika sedikit kita belajar, kita akan menganggap diri paling tahu dan paling benar.
Jika kita malas belajar, kita Cuma rajin menyalah-nyalahkan orang lain.
🍁 Dan kenyataannya aku masih belum berani mulai menulis sejarah. Aku masih betah belajar sejarah dan menjadi murid sejarah.
🍁 Btw makasih sahabat-sahabat tercinta, yang udah menyediakan waktu untuk menjawab quisioner aku kemarin siang yaaa … love you all...

No comments:

Post a Comment