Tuesday, September 29, 2020

Otak Kanan Versus Otak Kiri

Tugas 4 IW-TG

Oleh : Puji Hasti


🍎☯️ Otak Kanan Versus Otak Kiri ☯️🍎


🍎 Cara aku nulis buku adalah ngebayangin lagi ngobrol sama sobat. Cuma aku mewakili suaraku itu pake tulisan. Sekali-kali aku bayangin sobatku nanya sesuatu, ya aku tulis juga pertanyaannya abis gitu aku tulis jawabannya . Hehe, ya udah cuma gitu aja sih.
Disitu yang kerja OTAK KANAN. Dia imajinatif !
🍎 Tulisan aku yang berjudul “Dawai Kecapi Tak Berdenting” (ada di buku GREAT MISTAKE) naskah aslinya 17 lembar, gara-gara terlalu asik nulisnya. Terus aku peras sampai dapet 5 lembar. Caranya aku buang-buangin aja yang terlalu melebar dan agak jauh dari thema dan judul.
Hahaay tega tulisan sendiri dibuang dari naskah? Ya ditega-tegain aja lah.
Saat itu kan yang kerja OTAK KIRI. Harus tegas kaya polisi wkkk.
🍎 Nah abis gitu datanglah kerjaan otak kiri yang selanjutnya, namanya SELF EDITING. Ini kerjaan paling membosankan buat orang sepertiku.
Aku periksa baris demi baris agar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Huruf besar dan huruf kecil, letak koma dan titik, dll. Paragrap juga ngga boleh kepanjangan.
🍎 Tata Bahasa juga kudu diperbaiki. Hadeuh !!
Aku pernah ya, nulis untuk sebuah web bisnis. Yang terima naskahku gregetan banget kayaknya
“ Mba, tolong ya, nulis kata “DARI PADA” jangan dipisah mulu atuh. ”
“ Oh, emang nulisnya disambung yaa? ” Sumpah, waktu itu aku ngga ngeh nulisnya itu harus di pisah atau disambung Hahaha
“ Ya sambung dong ! Kalau “DARI PADANG” itu baru di pisah “ Kata dia. Spontan aku ngakak. Sambil terbayang rendang DARI warung nasi PADANG
🍎 Tapi alhamdulillah sejak saat itu, aku jadi hati-hati lah. Harus selalu SELF EDITING sebelum ngirim naskah (kecuali kepepet, wkkk alesan !)
🍎 Ya Jadi kalau ditahap nulis, aku mah bahagia banget lah. Dimana saja dan kapan saja, oke. Tapi kalau udah masuk SELF EDITING ampun deh. Kudu jalan-jalan dulu ke Pulau Seribu kayaknya. Dapet satu lembar self editing, refreshing dulu di satu pulau . dapet satu lembar lagi, jalan-jalan lagi ke pulau lain. Hahaha becanda…. Aslinya mah tepar di pulau kapuuk, Bwahaha !!

No comments:

Post a Comment