Sunday, May 26, 2019

Ngabuburit (1) Merapikan Seputar Jendela Ruang Tamu


Ngabuburit. Apa itu ngabuburit ? Dan tahukah kamu apa itu ngabuburit
Jiaaah hahaha gaya bahasa apa ini? Maklum deh yaa ... efek bulan Ramadhan ngajarin bocah-bocah terjemahan surat Al Qoriah dan Al Qodr.

Oke jadi..., Ngabuburit setahuku berasal dari kosa kata Bahasa Sunda "Burit" yang artinya senja. Ngabuburit adalah suatu istilah untuk menunggu saat senja tiba. Dalam kontek bulan Ramadhan, tentu saja ini bermakna khusus yaitu aktivitas menanti saat berbuka puasa.

Ada banyak pilihan aktivitas ngabuburit. Hari ini aku pilih beres-beres taman. Kenapa coba pilih ini ? Hihihi, gara-gara anakku dapet tugas salah satu matkul, untuk memotret tampak depan rumah terus di print. Dan karena waktu udah mepet, maka yang termudah untuk dia, adalah motret depan rumahnya sendiri.

Aku kaget lihat hasil print, wakakaaa … tutup mataaa! Ternyata parraaaah ... berantakan banget tampak depan rumahku. Waaah emak-enak kudu turun tangan nih. Buatku beres-beres rumah adalah aktivitas berkreasi dan bersenang-senang. Jadi harus tuntas dalam satu gebrakan.


Aku pandangi hasil print ini dan hanya ku targetkan beberapa hal:
  1. Mengganti tutup tong sampah yang sudah belah
  2. Mengecat semua pot kembang 
  3. Mengganti pohon depan jendela dengan pohon bunga
  4. Merapikan jalur kabel PLN dan Telkom yang melintas depan rumahku

Eksekusi dimulai ...

Point 1, cat ulang pot kembang

Cukup mudah. Kebetulan punya cat hitam dikasih tukang kolam ikan Koi. Tentu saja ditangan dia, cat hitam yang sama, disapu tipis-tipis bisa jadi berkesan batu alam.  Ah aku sih, yang penting hitam dan muncul suasana baru. Huraay ... ! Sebentar saja selesai.


Point 2, ganti isi pot kembang pake tanaman hias berbunga

Ini yang paling asik. Beli pohon bunga harga Rp. 7.500 keperluanku hanya 10 pohon. Kebetulan si abangnya lagi obral bunga lain, dari harga 5000 jadi 3000 saja. ya sudah aku beli 8 pohon. Ahahaa uang Rp.100.000 masih kembalian deh wkkk. 

Aku bayangkan, pasti depan jendela akan ceria dengan bunga berwarna warni.

Faktanya yang paling bikin seneng adalah, setelah satu bunga layu, muncul pohon kecil anakannya disekeliling pohon yang kubeli, hiii ... asik asik asiiik.


Point 3, bikin tutup tempat sampah.

Kebetulan di garasi ada sisa mutiplek ukuran 60cm x 60cm dan tong sampah diameter-nya 55 cm. oke minta bantuan pakde ajalah dipotong bulet. terus di dempul, dicat dan diberi handel … Taraaa … tong sampah sudah punya tutup yang baru, tutup yang lama buaaang wkkk.




Hmmm … ternyata tutup tong sampah baru ini lumayan berat. Bagus juga sih biar ngga bergeming kalau ketubruk kucing puber wakakaaa. Naaah sekarang tong sampahnya, aku geser posisi dari depan jendela ruang tamu, ke bawah pohon markisa ah supaya ngga ganggu pemandangan. Ow la laaa ... body tong sampahnya masih kumel wkkk. Oke besok di pilox sajalah yang gampang.

Point 4, Merapikan kabel PLN dan Telkom

Ups ... Ini serombongan kabel menggelantung se-enak udele dewek (wkkk) dari satu rumah ke rumah lain. menjuntai di beberapa bagian meregang dibagian lain. oke oke ... Sementara ini cukuplah dirapikan lalu diberi klem. Khusus untuk yang menuju ke bagian dalam rumah diberi kabel Tray. Ngga lupa, klem kabel dan kabel tray dicat dulu dengan warna tembok.

Naaah akhirnya ... selesai sudah empat point Ngabuburit ala aku. Fokusnya merapikan seputar jendela ruang tamu, saja. Ngga buang waktu panjang, Ngga keluar uang banyak, dampaknya cukup lama, setidaknya rumah rada cerah saat lebaran tiba.

Padahal mah silaturahmi lebaran zaman now cuma lewat medsos doang yaaa. Percuma beresin rumah dan bikin kue kering wakakaaa ...
Tapi aku sih jadi ketagihan nih. Besok ngabuburit lagi ah. Beres-beres apa lagi yaaa. hehehe.

Simak juga acara ngabuburit aku yang lain, dengan klik judul di bawah ini

Ngabuburit (2) Membuat Kandang Kucing

Ngabuburit (3) Trick Agar Dapur Sederhana Tetap Rapi Dan Nyaman

Ngabuburit (4) Tips Bikin Baju Keluarga, Senada Tak Harus Seragam

No comments:

Post a Comment