Monday, May 27, 2019

Ngabuburit (3) Trick Agar Dapur Sederhana Tetap Rapi Dan Nyaman


Hallo jumpa lagi dengan aku masih dalam acara Ngabuburit, alias mengisi waktu, menunggu jam berbuka puasa tiba.
Kali ini aku pingin merapikan dapur, yang pastinya setiap hari ga pernah sepi dari aktivitas memasak dan cuci piring.


Pertama, dari segi  warna. Konsep aku sih sederhana aja :

1.    Menghindari warna yang terlalu beragam. Jadi aku memilih HANYA DUA WARNA yang boleh muncul secara dominan dalam perabot yaitu hijau muda dan oren terang. Jadi untuk tempat sayur dan lauk sehari-hari, aku menggunakan perabot melamin dengan warna hijau muda. Perabot lain boleh pakai berbagai barang plastik yang murah meriah, tapi sekali lagi hanya muncul dua warna, hijau muda dan oren terang.

2.     Warna lain yang boleh muncul HANYA WARNA NETRAL. Warna putih untuk rak, warna abu dan silver metalik untuk peralatan elektronik, Warna krem untuk cat tembok, Warna coklat kopi masih bisa ditolelir karena matching dengan suasana ruang makan

Kedua, dari segi management barang dan bahan makanan.

1.     semua bahan makanan yang sering digunakan harus mudah dijangkau, disimpan di ruang terbuka saja, diorganisir dalam toples-toples. Toples diusahakan setipe tapi diberi label nama untuk membedakannya

2.     semua bahan makanan atau barang-barang yang jarang digunakan tapi cukup penting di simpan ditempat tertutup agar rapi dan tidak terpapar debu.
Misalnya bahan-bahan membuat cake: pelembut, pengembang, pewarna.
Jangan lupa inipun di organisir dalam kotak-kotak khusus berlabel, supaya mudah mencarinya kembali suatu saat.

Naaah .... ngabuburit aku kali ini adalah ingin menambahkan elemen Penghias untuk membentuk tema ruangan.

Aku bisa saja hadirkan tema "Bunga Matahari" atau tema "Buah Jeruk" atau tema "Buah Labu kuning". maka gambar-gambar Bunga atau buah tersebut bisa dimunculkan di lemari, piring, toples bumbu, magnet kulkas dll.

Kenapa sih harus pakai tema ? 
hahahaa ... ini tentang selera

Apa urgensinya ?
Jadi gini teman-teman, terkadang aku nemu perabot itu warnanya relatif sudah senada alias matching lah. Tapi barang-barang ini diproduksi oleh pabrik yang berbeda-beda, dan parahnya oleh masing-masing pabrik dikasih gambar yang juga saling ngga nyambung. bayangkan misalnya deh gelas kita bergambar mickey mouse, piring kita bergambar ornamen geometris / batik . Alhasil ngga nyambung gitu.  menurut aku sih ganggu lihatnya, hehe heee ...
pada kasus seperti itulah aku merasa perlu adanya satu tema yang diangkat dalam suatu ruangan.

Nah kita lanjutkan yaaa ...
Kalau sudah ditentukan Themanya, Gambar elemen penghias tersebut bisa kita googling saja sih. lalu edit-edit sedikit sesuai ukuran yang diperlukan.

Untuk memmbuat elemen penghias ini, aku lebih memanfaatkan teknologi DIGITAL PRINTING.
Jadi untuk label kita bisa design sendiri, lalu di-print diatas kertas stiker. Saat ini stiker bisa di print di kertas ataupun di plastic stiker transparan
Begitu juga untuk menghadirkan elemen penghias diatas kain, misalnya untuk tutup aqua galon, celemek, lap tangan, cempal dll, juga bisa print digital diatas kain lalu menjahitnya sesuai keperluan.
Untuk menghadirkan gambar di barang2 keramik seperti mug dan piring bisa menggunakan print dan heater press.

Toko yang menyediakan jasa digital printing banyak koq, coba googling deh.

Terus gimana nih kalau ngga mau repot berurusan dengan design dan digital printing ?
Yaa ... kita bisa juga shopping ke beberapa tempat. Hunting barang-barang sesuai tema yang akan kita rencanakan. Dan aku memang kurang telaten untuk hunting. Ehehe sekali lagi ini tentang selera dan kebiasaan yaaa ...

Nah Itu tadi caraku mengatur dapur, bagaimana cara kalian ? please share di kolom komen dibawah ini yaa. Makasih ...
Dan aku akan lanjut acara Ngabuburit, hahaha ...😃😂 ikut yuuuk 

Baca acara ngabuburit aku selanjutnya dengan Klik Judul dibawah ini :

Ngabuburit (4) Tips bikin Baju Keluarga, Senada Tak Harus Seragam

Ngabuburit (1) Merapikan seputar jendela Ruang Tamu

Ngabuburit (2) Membuat Kandang Kucing

2 comments:

  1. Wah bermanfaat sekali infonya bunda, terima kasih bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir di blog ini. Ayo Cerita juga dong, pengalaman menata dapur atau pengalaman menggunakan digital Printing, hehee ...

      Delete