Wednesday, December 5, 2018

Wisata Bandar Seri Begawan (3) MASJID UMAR ALI SAIFUDDIN

Posisi mobil sudah di depan mesjid, sedangkan cuaca hujan petir dengan angin kencang. Hmm ... bagaimana aku bisa turun ke Mesjid ya ? Terlihat di sebelah kiri, lapangan yang luas, dengan panggung berlatar huruf arab terbaca "Muhammad saw". Sepertinya sedang ada perayaan besar. terlihat beberapa stand kosong. Satu dua orang terlihat berjuang menutup stand-nya, ditengah guyuran hujan lebat.

Akhirnya, kuputuskan untuk makan siang dulu. Berhenti sejenak di depan rumah makan terdekat, sama saja ngga bisa turun tanpa payung. Pastilah langsung basah kuyup. Kupikir harus masuk parkiran indoor dan itu biasanya ada di Mall. Melihat di google maps paling atas tertulis THE MALL. Oke aku coba cari makan siang disana, sambil menunggu hujan reda.

Betul saja ternyata satu jam kemudian hujan reda. Aku kembali ke mesjid ini, Yaa Mesjid Umar Ali saifuddin. Alhamdulillah ... senangnya akhirnya bisa turun dan masuk ke dalam pelataran mesjid.

Banyak sekali orang berduyun-duyun keluar dari mesjid. Mereka memakai pakaian khas Brunei. Laki laki dewasa dan anak-anak, memakai kemeja koko tangan panjang tentu dgn kerah berdiri, celana panjangnya ditutup dengan sarung selutut. Mayoritas jenis sarungnya adalah songket. Yang wanita memakai rok panjang dan tunik selutut bermotif sama. Lalu jilbab dengan warna yang senada dengan bajunya. Hampir semua begitu saja modelnya.

Semua orang yang berpapasan memberi ucapan salam atau sekedar mengangguk sopan sambil melempar senyum. Saat aku memotret suatu objek, beberapa orang memberi jalan, dan jika aku selesai dengan itu, mereka akan berkata " sudah kah ? " Waaah mereka ramah-ramah sekali.

Memasuki teras mesjid aku langsung ke tempat wudhu yang memanjang dengan tembok putih bersih berhias deretan jendela berbentuk kubah, lampunya unik aku suka. 
posisi tempat wudhu ada di sayap kiri mesjid. 

Dibalik tempat wudhu ada danau dengan perahu yang legendaris. Hmmm ... kayanya aku salah ambil sudut pandang deh. Pasti kalau motretnya dari sebrang danau, mesjid menjadi background buat perahunya. ahahaa ... yang dipikirin hasil foto-fotonya.

oke teman-teman ... ikuti terus petualanganku di Bandar Seri Begawan dengan klik judul dibawah ini.










No comments:

Post a Comment