Friday, July 3, 2020

ITB Dalam Bentang Sejarah Indonesia



Dari TECHNISCHE HOOGESCHOOL TE BANDUNG hingga INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG ( 3 Juli 1920 – 3 juli 2020 )

3 Juli 1920, tepat seratus tahun yang lalu, pemerintah kolonial Belanda membuat sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda yang bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng (disingkat THS) berkedudukan di kota Bandung, tepatnya di  jalan Ganesha nomer 10 dan 12 ini.

Apakah penjajah ini berbaik hati ? Hehe, ngga lah, tujuannya pasti untuk keuntungan mereka sendiri. Sebagaimana kita tahu perang dunia ke-1 (1914-1918 M) melanda sebagian besar Eropa. Mereka sedang mengalami kesulitan mendatangkan tenaga kerja dari Eropa. Alasan lain adalah, tenaga kerja dari dalam negri tentu bisa digaji lebih murah, untuk pekerjaan yang sama.




Pada 3 Juli 1926, presiden RI pertama Bapak Soekarno menjadi satu dari empat lulusan pertama dari kalangan pribumi dan berhak menyandang gelar Insinyur. Tentu saja dari jurusan teknik sipil, sebab memang jurusan yang ada baru itu saja. 

Di masa pendudukan Jepang, kampus ini sempat ditutup sejak 8 Maret 1942. Tapi kegiatan penelitian di laboratorium diizinkan. Komunitas laboratorium tersebut dinamakan Institute of Tropical Scientific Research (Lembaga Penelitian Ilmiah Tropis) yang diawaki oleh banyak staf akademik THS Bandung.

Kemudian pada 1 April 1944 dibuka kembali, dengan nama Bandung Kogyo Daikagu, kurikulumnya menyesuaikan pada Kogyo Daikagu di Tokyo.

Begitu Indonesia merdeka, Agustus 1945 namanya diubah menjadi Sekolah Tinggi Teknik Bandung (STT Bandung).

Namun berdasar situasi politik tahun 1946, STT bandung harus boyong ke Yogyakarta.
Ternyata Yogyakarta juga diserbu oleh tantara Belanda, hingga sekolah tinggi ini sempat tutup lagi.

Ketika kemudian pada tahun 1949 dibuka lagi dengan hanya membuka satu jurusan maka itulah kemudian yang menjadi cikal bakal berdirinya fakultas teknik Universitas Gajah Mada.




Akhirnya pada tanggal 2 Maret 1959 Pemerintah Republik Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung disingkat ITB. Peresmian oleh Bapak Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

#seratustahunitb
#seabaditb


No comments:

Post a Comment